Senin, 25 Juni 2012

[GameMakerLanguage] Dasar Penggunaan GameMaker Bag.1


GAME MAKER
GAME MAKER adalah tool development untuk Windows, yang pertama kali di kembangkan oleh Mark Overmars (owned YoYoGames).
Perangkat ini sangat cepat untuk develop, murah (20$ untuk full version), stabil, dan menggunakan GML (Game Maker Language) sebuah bahasa scripting yang memberikan banyak kontrol dalam mengembangkan Game kita.

Kali ini  mari kita mulai untuk membuat contoh game yang di buat oleh game maker software ini.
1.       Pertama, download game maker di homepage nya http://www.yoyogames.com/gamemaker. lalu install.
2.       Selesai menginstall buka lah game maker tersebut. Akan ada Tampilan awal layar seperti berikut


3.       Di sisi kiri windows screen gamemaker anda terdapat bagian yang bernama “Resource Explorer” dimana semua resource di tempatkan. Di bagian kanan adalah layar dimana anda akan melakukan pekerjaan pada membuat sebuah game.
Komponen dari Game Maker Game
Ada 3 bagian utama untuk membuat Game di Gamemaker:
1.       Sprites à berisi grafik-grafik. Tiap sprite adalah sebuah gambar, atau animasi yang dikaitkan kedalam objek
2.       Objects à adalah sebuah peran (actor) atau entitas dalam Game, yang berinteraksi satu sama lain
3.       Rooms à tempat dimana objects berinteraksi. Area permainan.
 Create Room
Mari kita mulai dengan membuat Room, karena kita tidak akan bias membuat permainan tanpa yang satu ini. Klik kanan pada “Rooms” folder yang terdapat pada resource explorer dan pilih “Create Room” . 


Pada Properti Room, secara default ukuran room adalah 640x480, kali ini kita buat menjadi 320x240. Pilih setting tab dan ganti width dan height menjadi 320 dan 240, dan beri nama room “ rLevel1 ”.



Create Sprite
Pada game kali ini membutuhkan sebuah player sebuah kapal pesawat, dan untuk membuat itu diperlukan sebuah sprite.
Klik kanan pada “sprites”  folder dan “Create Sprite” makan pada berikan nama misal “sPlayerShip” kemudian klik Edit Sprite.








Pada bagian edit sprite kita akan buat frame dari animasi  (“image/gambar”) untuk sprite anda dan edit sprite itu. Kemudian klik create new sprite dan pilih ukuran 32x32 saja terlebih dahulu kemudian akan terlihat gambar kosong seperti yang terlihat pada gambar di bawah.





Klik ganda image makan akan masuk pada bagian image editor
Untuk halaman ini saya serahkan kepada anda untuk menggambar kapal sesuai yang anda inginkan

Create Object
Skarang kita telah memiliki sprite, maka mari kita membuat objek nya. Klik kanan pada “Objects” folder dan “Create Object” makan akan terbuka object editor. masukan sprite yang telah kita buat untuk dijadikan sebagai object kita beri nama "oShipPlayer"

Disini ada banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan, jadi mari kita mencoba untuk memahami apa yang kita lihat disini. Ada dua component utama pada objek, Events dan Actions. Events mendeskripsikan ketika action akan di mainkan. Action adalah apa yang dilakukan ketika event datang.
Ada beberapa events penting diantaranya :

Create Event – ini di panggil ketika Objek telah di Buat atau di inisialisasi. Objek -  objek yang telah di tempatkan secara langsung akan memangil event ini ketika room di mulai.
Step Event – anda bisa berpikir sebuah game seperti loop yang besar. Dan setiap kita melakukan loop ini, ini akan mengupdate dengan sendirinya. Pergerakan Mario bros hanya bergerak 1 pixel kedepan, layar akan menggambar ulang. Jadi step event dipanggil setiap permainan pengulangan seperti ini.
Draw Event – event ini dipanggil ketika game loop terjadi, dan dimana anda mendefinisikan bagai mana objek anda di gambarkan.


Set up Create Event
Kita akan menset beberapa variable yang kita butuhkan sehingga membuat pemain (player ) dapat mengendalikannya
Klik “Add Event” dan tambahkan Create Event.

Setelah itu mari kita gunakan action yang telah disediakan di GameMaker yaitu “Execute Code” action, action ini akan membuat anda menulis kode program anda sendiri di dalam Game Maker Language.
Drag gambar itu ke action area maka akan terbuka execute code.

Baiklah sekarang mari kita memikirkan mengenai atribut dari Pesawat kita. Untuk sekarang mari kita buat bahwa kapal kita memiliki 3 level kekuatan menembak. Ini akan mengumpulkan kekuatan semakin tinggi dan semakin kuat. Tapi hanya sampai 3 level saja. Untuk menjaga agar hal tersebut terjadi maka kita akan membuat 2 variabel yaitu powerUp dan powerMax.
Ketika anda akan mendefinisikan sebuat variable di Game maker, anda harus memberikan nilai awal atau inisialisasi terlebih dahulu.
Code :powerUp = 0;powerUpMax = 3;













kapal akan memulai dengan level terendah, dan  dapat samai level maximum yaitu level 3.
Progammers : tidak butuh mendeklarasikan tipe variable ti GML. Karena semua variable bertipe double dengan sendirinya.
Membuat kapal bergerak – Step Event
Sekarang buat step event. Lagi drag execute code action ke action area dan pada execute code ketik code dibawah ini.

Code// Controls if (keyboard_check(vk_up)) {     y -= 2; } if (keyboard_check(vk_down)) {     y += 2; } if (keyboard_check(vk_left)) {     x -= 2; } if (keyboard_check(vk_right)) {     x += 2; }

Code diatas akan membuat kapal kita bergerak ke 8 arah. Ini menggunakan fungsi yang sudah tersedia ya itu Keyboard_check() function yang digunakan untuk mendeteksi penekanan pada keyboard, dan akan membuat pergerakan pada kapal dalam arah yang benar.
Ganti kecepatan
Jika anda menginginkan untuk membuat kapal anda bergerak semakin cepat, anda dapat menambahkan nilai yang lebih tinggi seperti 3 atau 4. Secara default kecepatan kapal adalah 2. Untuk merubahnya kita buat variable untuk menambah kecepatan pada create event mari kita definisikan dengan variable “speedUp” ketik pada action code
Codespeedup = 3; 
tambahkan kapal ke room
sekarang pilih room dan pilih objects tab oPlayership seharusnya sudah ada disana, sekarang klik pada bagian room dan ini akan mengcreate objek ke roomnya.
Pilih background putih sesuat dengan background object playership agar terlihat menyatu dengan room.
Sekarang anda bisa mencoba Play game maker untuk mencoba game yang telah anda buat sampai saat ini.

Selamat mencoba.
download sourceCode Disini : pass : http://irvanl.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar